Kewajiban Zakat Fitrah

Selain itu, dengan membayar zakat fitrah, kita juga turut serta memenuhi hak-hak orang-orang yang berhak menerima zakat. Ada delapan golongan yang berhak menerima zakat, termasuk fakir, miskin, dan orang-orang yang berhutang.

Tidak hanya itu, Allah juga menjanjikan pahala bagi orang yang menunaikan zakat fitrah. Dia akan melipatgandakan rezeki kita dan menjauhkan kita dari kemiskinan. Tentunya, dengan menunaikan kewajiban ini, kita juga akan merasakan ketenangan hati dan semangat untuk terus berbuat kebaikan.

Sebagaimana yang telah di sebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, “Bentengilah harta kalian dengan zakat.” Ini menunjukkan betapa pentingnya zakat dalam menjaga keberkahan dan keberlimpahan harta yang di miliki.

Yang Biasa Dikonsumsi

Jenis zakat fitrah yang di keluarkan adalah berupa makanan pokok. Yang biasa di konsumsi dalam kehidupan sehari-hari, seperti beras atau gandum. Dan jumlah zakat fitrah untuk setiap individu adalah sebanyak satu sa’.  Yang setara dengan sekitar 2,5 kg atau sekitar 3,1 liter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *