Pendapat Al Kindi Hampir Sama dengan Pandangan Islam

Pendapat Al Kindi Hampir Sama dengan Pandangan Islam

Al-Ghazȃlȋ, seorang teolog dari kaum Muslim,  berpendapat bahwa alam di ciptakan oleh Allah dari tiada menjadi ada (al-ȋjȃd min al-‘adam). Penciptaan dari ketidakadaann yang memastikan sebuah Pencipta. Yang ada tidak butuh kepada yang mengadakan. Karena itulah semestinya sebuah alam diciptakan dari tiada menjadi ada. Sementara itu, menurut Ibn Rusyd, alam ini qadȋm, dengan arti alam ini di ciptakan dari sesuatu (materi) yang sudah ada.

Menurut Ibn Rusyd, penciptaan dari tiada (al-‘adam) adalah suatu yang mustahil dan tidak mungkin terjadi. Dari tidak ada (nihil yang kosong) tidak bisa terjadi sesuatu. Oleh karena itulah, materi asal alam ini mesti qadȋm.

Ketika membicarakan persoalan penciptaan alam semesta, bahasa yang dipergunakan oleh kedua filsuf tidaklah cukup terang untuk dapat sampai pada suatu keterangan yang meyakinkan. Ada beberapa penafsiran yang menyatakan bahwa Tuhan menciptakan alam semesta secara bebas, dari tiada sama sekali. Istilah bahasa Arab yang sering dipergunakan untuk penciptaan seperti itu adalah khalaqa yang berarti “menciptakan” atau “mendatangkan sesuatu hal”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *