Puskesmas Rumpin Luncurkan Inovasi BUMIL P3DE, Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Puskesmas Rumpin Luncurkan Inovasi BUMIL P3DE, Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Melalui BUMIL P3DE, kami ingin memastikan bahwa setiap ibu hamil mendapatkan akses mudah dan cepat. Ke layanan kesehatan yang dapat menyelamatkan nyawa mereka dan bayi yang dikandungnya.

“Program BUMIL P3DE melibatkan kolaborasi antara bidan desa, kader kesehatan, dan tokoh masyarakat untuk memberikan layanan pemeriksaan laboratorium langsung di Posyandu, sehingga lebih mudah di akses oleh ibu hamil,” ujar Kuncahyo.

Posyandu di pilih sebagai lokasi pemeriksaan karena letaknya yang dekat dengan pemukiman warga, sehingga memudahkan ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan tanpa harus menempuh jarak yang jauh , program ini juga mencakup pemeriksaan hemoglobin untuk mendeteksi anemia pada ibu hamil, yang merupakan salah satu faktor risiko tinggi pada kehamilan.

Dalam Pelaksanaannya

BUMIL P3DE melibatkan berbagai pihak, mulai dari bidan desa, kader kesehatan, hingga paraji (dukun beranak) setempat untuk memastikan program ini berjalan efektif dan menyeluruh. Sosialisasi dan edukasi di lakukan secara berkelanjutan melalui lokakarya mini dan pertemuan masyarakat di tingkat desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *